Mengenal apa itu WordPress?

WordPress adalah perangkat lunak sumber terbuka (open source) yang dapat Anda gunakan untuk membuat situs web, blog, atau aplikasi yang indah. Situs resmi WordPress dapat dijumpai di : wordpress.org.

Dengan WordPress Anda tidak perlu mengetahui pengetahuan coding suatu pemrograman untuk membuat situs web, blog, atau aplikasi yang indah.

Kode sumber (source code) WordPress adalah disediakan secara GRATIS, Anda tinggal mengunduhnya di situs resminya.

WordPress bisa dijalankan baik di jaringan internet (hosting) atau pun di jaringan intranet (lokal). Jika Anda menginginkan membuat situs web, blog, atau aplikasi menggunakan WordPress, maka Anda harus terlebih dahulu menyiapkan server web untuk WordPress itu sendiri yaitu Penyedia Hosting seperti NDROTECH atau pun penyedia hosting lainnya (ini untuk yang bisa diakses di jaringan internet) atau Anda instal server web Anda sendiri di Laptop, PC atau perangkat lainnya yang bisa menjalankan web server tersebut (ini untuk yang bisa diakses di jaringan intranet). Atau yang lebih kerennya lagi, Anda bisa menjalankan WordPress di kedua jaringan tersebut yaitu memakai peralatan tambahan Router Mikrotik dan IP Publik. Dengan Router Mikrotik dan IP Publik, Anda bisa menjalankan WordPress baik di internet maupun intranet. Dan ini bisa menghemat dan mempercepat bandwidth WordPress itu sendiri. Luar biasa mantabb.. 🙂

Berkaca dari pengalaman saya di bidang web hosting, WordPress memiliki dua bagian inti yaitu dinamakan “Plugins” dan “Themes“. Selebihnya adalah bagian tambahan saja.

  • Plugins digunakan untuk mengubah atau menambahkan berbagai fitur baru ke dalam WordPress Anda.
  • Themes digunakan untuk mengubah atau menambahkan berbagai template web, blog, atau aplikasi ke dalam WordPress Anda.

Berikut adalah tampilan WordPress-nya setelah Anda instal :

Halaman Utama WordPress versi 5.9.2.
Halaman Dashboard Admin WordPress. versi 5.9.2

Leave a Reply

Your email address will not be published.